10 Juta Produk Indonesia Ditargetkan Sertifikasi Halal Gratis Tahun Ini

sertifikasi halal gratis

EkisPedia.com – Pemerintah Indonesia bertujuan mengeluarkan sertifikat halal gratis untuk 10 juta produk melalui skema self-declared pada tahun 2022 ini. Namun pada pertengahan tahun ini, kurang dari 1 juta usaha kecil menengah dan mikro (UKM) telah bergabung dengan rencana tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Penjaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham mengatakan, hanya 867.600 UKM yang telah mengikuti program ini, sekitar 24,1% dari target tahun ini.

Ini jauh dari target dan bahkan tidak mendekati 64 juta UKM di negara ini. Dikatakannya, untuk mencapai target 10 juta produk tahun ini, dibutuhkan partisipasi dari 3,6 juta UMKM yang masing-masing mendaftarkan dua atau tiga produk.

“Pemerintah masih perlu mendorong lebih banyak untuk mencapai ini,” katanya.

Berbagai cara dilakukan untuk mempercepat pencapaian tersebut antara lain kerjasama dengan kementerian dan lembaga terkait serta melakukan sosialisasi sertifikasi halal di perguruan tinggi.

Lembaga tersebut terus mendorong UKM untuk segera mensertifikasi produknya melalui skema self-declared guna meningkatkan daya saing global.

“Saat ini banyak UMKM yang masih menganggap tidak penting memiliki sertifikasi halal. Padahal, selain sebagai jaminan bagi masyarakat, sertifikasi ini menjadi entry point jika ingin memasuki persaingan global,” imbuh Irham.

Strategi lainnya adalah program sertifikasi halal gratis yang disebut SEHATI di mana pemerintah mengeluarkan sertifikat halal kepada 3.200 UKM pada 2020 dan 15.000 pada tahun lalu. Tahun ini, dari 25.000 UMKM yang ditargetkan sertifikasi halal, baru 14.194 yang terdaftar.

Dalam jangka panjang, pemerintah menargetkan 1 juta UMKM tersertifikasi halal melalui program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) ini.

Sementara itu, LPPOM MUI, salah satu mitra lembaga pemeriksa halal BPJPH, mencatat hingga saat ini ada 10.643 UMKM yang telah diperiksa melalui mereka.

Sumber: SalaamGateway.com

Pos terkait