Redaksi Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

4 Aplikasi Konsultasi Syariah untuk Tanya Jawab Seputar Syariat Islam

2 min read

EKISPEDIA.COM – Layanan konsultasi syariah menjadi hal yang banyak dicari umat muslim. Melalui konsultasi syariah, maka bisa lebih mudah dalam menemukan jawaban dari hal yang ingin ditanyakan mengenai ilmu agama dan kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya sarana konsultasi melalui aplikasi konsultasi syariah, maka lebih mudah mendapat jawaban dan bimbingan dari ustaz. Dengan demikian, berbagai pertanyaan dan keraguan dapat terjawab dan mendapat arahan yang benar sesuai syariat Islam.

Misalnya konsultasi syariah tentang saham. Banyak dari masyarakat yang masih ragu dan bingung tentang hukum dari jual beli saham syariah. Lalu bagaimana hukumnya? Ustaz Dr. Erwandi Tarmizi, Lc. MA., mengatakan jual-beli saham melalui bursa saham diperbolehkan. Asalkan investasi saham tersebut memenuhi syarat-syarat tertentu, sebagai berikut:

Perusahaan yang kita beli sahamnya berkegiatan yang sesuai syariat. Haram bagi kita untuk menanamkan modal di bank (karena alasan riba), penjual minuman keras, daging babi, dan produk-produk haram lainnya.

Perusahaan itu tidak dimodali dengan pinjaman riba. Sekalipun dalam pembukuannya tidak mengandung pendanaan riba, tetapi jika dalam akta pendirian perusahaan ada klausul bahwa perusahaan diperbolehkan mengajukan pinjaman ke bank, maka haram membeli saham perusahaan-perusahaan yang sistemnya mengizinkan riba semacam ini.

Sistemnya bagi untung dan bagi rugi. Jangan terjebak dalam sistem investasi yang hanya memberi untung, karena itu tidak adil bagi pemilik usaha. Apalagi bila margin keuntungan itu ditentukan di awal, umpamanya akan mendapat sekian setiap bulan. Tidak ada bisnis yang selalu profit. Profit pun tidak akan selalu sama, setiap bulan pasti ada naik-turunnya.

Jika ingin penjelasan mendalam tentu Anda harus bertanya langsung. Dengan kemudahan teknologi, sudah ada aplikasi konsultasi syariah yang bisa digunakan untuk berkonsultasi tentang syariat Islam untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Selain aplikasi, ada juga situs web yang menyediakan sarana konsultasi mudah.

1. Tanya Ustadz – Yufid Inc

Aplikasi ini menghadirkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk dapat bertanya secara langsung kepada ustaz terkait syariat agama. Tampilannya yang user friendly membuat para pengguna bisa lebih mudah menggunakannya.

Dalam aplikasi Anda bisa melihat beberapa pertanyaan yang sudah pernah ditanyakan oleh pengguna lain. Jika pertanyaan yang diajukan sama, Anda bisa langsung melihat jawabannya pada menu tersebut.

Jika tidak menemukan jawabannya, Anda bisa langsung bertanya kepada ustaz. Pengguna bahkan bisa menyimpan pertanyaan yang diinginkan melalui menu bookmark. Tersedia juga menu share yang memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi kepada orang lain.

2. SyariaID

Dengan memanfaatkan teknologi digital, aplikasi ini memberikan sarana bagi para pengguna untuk dapat belajar tentang agama darimana saja dan kapan saja. Sumber pembelajaran diberikan langsung oleh ahlinya.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai menu yang memudahkan pengguna untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhannya. Bukan hanya itu, Anda juga memiliki akses khusus untuk dapat berkonsultasi bersama ustaz.

Anda bisa mengajukan beragam sesuai dengan permasalah yang dialami. Anda bisa berinteraksi tanya jawab dengan ustaz melalui fitur chatting.

Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan puluhan ustaz dan ustazah, sehingga dapat memberikan informasi yang terpercaya. Kemudahan interaksi membuat pengguna bisa dengan muda belajar agama dan menerapkannya.

3. Tanya Syariah

Bukan hanya berbasis aplikasi, saat ini sistem layanan berbasis syariah bisa diakses melalui berbagai media. Salah satunya adalah melalui situs web. Sistem berbasis online ini bisa dengan mudah digunakan.

Dengan memanfaatkan situs web, Anda bisa langsung melakukan konsultasi yang diinginkan dengan cepat. Situs web ini juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Untuk konsultasi syariah dilengkapi dengan menu yang beragam, membuat Anda bisa dengan mudah menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin diajukan. Jika tidak menemukannya, Anda bisa mengirimkan pertanyaan melalui website ataupun melakukan konsultasi melalui WhatsApp.

4. Halo Ustadz – Yayasan Baitut Tholabah

Aplikasi ini menawarkan layanan konsultasi bersama ustaz secara real time. Seluruh pengguna bisa mengakses berbagai menu yang tersedia dengan mudah. Tersedia juga sarana untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada ustaz.

Halo Ustadz sudah membangun kerja sama oleh banyak ahli di bidang agama. Sebelum berkonsultasi, Anda bisa melihat biografi ustaz terlebih dahulu. Pengguna bisa memilih sendiri ustaz yang ingin ditanya.

Selain adanya fitur konsultasi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti pengingat waktu sholat, doa harian, artikel, Alquran, video, dan informasi lainnya. Dengan menggunakan satu aplikasi, pengguna bisa melakukan banyak aktivitas.

Demikian informasi aplikasi konsultasi syariah. Melalui beberapa media online ini, Anda bisa melakukan konsultasi syariah dengan lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu bingung atau ragu lagi. (*)

Ikuti Artikel Lainnya di Google News

Redaksi
Redaksi Informasi dan kerjasama bisa dikirim via e-mail: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *