Rahmatullah R Magister Sains Ekonomi Islam | Founder Ekispedia.com

Keuangan Syariah di Indonesia: Pengertian dan Kelebihannya

1 min read

keuangan syariah

EKISPEDIA.COM – Belakangan tahun terakhir, industri keuangan syariah di Indonesia cukup diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia karena berbagai prinsip serta pengelolaannya yang dinilai lebih terjamin halal dibanding sistem keuangan konvensional.

OJK mencatat terjadi peningkatan aset keuangan syariah dari tahun 2020 sampai tahun 2021 mencapai 30 triliun bahkan Investasi Syariah kini memiliki tempat sendiri di hati masyarakat.

Membahas tentang keuangan syariah, saya akan merangkum tentang pengertian keuangan syariah dan kelebihan menjadikan keuangan syariah menjadi pilihan finansial Anda. Meskipun begitu, artikel ini ditulis untuk Anda yang membutuhkan referensi tentang sistem keuangan syariah serta mengharapkan berkah dari pengelolaan keuangan yang sesuai dengan syariat dan dilandasi dengan hukum Islam.

Penjelasan Tentang Pengertian Keuangan Syariah di Indonesia

Keuangan syariah merupakan salah satu sistem manajemen keuangan yang menggunakan prinsip serta dasar hukum Islam dalam menjalankan proses pengelolaannya.

Banyak sekali bentuk keuangan syariah yang ada di Indonesia seperti bank syariah, investasi syariah, asuransi syariah, zakat, infaq, dan lain-lain. Tujuan keuangan syariah tentunya untuk memberikan hak serta ketenangan bagi umat Islam yang ingin tetap mengelola keuangannya dengan halal.

Sehingga keuangan syariah memiliki pedoman Al-Quran dan Hadist untuk mengharap ridho dan berkah dari Allah SWT.

Pada prinsipnya, keuangan syariah menghilangkan hal-hal yang dianggap riba serta menerapkan sistem bagi hasil untuk nasabah dan bank sehingga anda tidak akan menemukan adanya bunga atau keuntungan sepihak pada sistem keuangan syariah dan itulah yang menjadi hal menarik tentang pengelolaan keuangan syariah.

Pengertian keuangan syariah merujuk kepada segala macam transaksi yang melibatkan dua pihak atau lebih melalui kesepakatan syariah yang tentunya sudah disepakati (akad) oleh berbagai pihak.

Lembaga yang mengurusi tentang keuangan syariah yang ada di Indonesia disebut dengan Lembaga Keuangan Syariah atau LKS sudah memiliki izin operasional dan legalitas sehingga anda tidak perlu ragu dan khawatir.

Kelebihan Keuangan Syariah di Indonesia

Kelebihan keuangan syariah yang ada di Indonesia terdiri dari berbagai aspek yaitu pertama aspek pengelolaan yang mana tidak ada istilah bunga karena keuntungan atau manfaat harus dibagi sesuai dengan pihak yang terlibat sehingga disebut dengan bagi hasil dari aspek pendanaan hingga simpanan. Dana juga harus didapatkan dari sumber yang halal berdasarkan akad yang sudah dilakukan seperti mudharabah, murabahah, musyarakah, dan sebagainya.

Kelebihan keuangan syariah tidak akan membuat salah satu pihak merugi sehingga semua harus dilakukan berdasarkan kesadaran tanpa paksaan termasuk dalam investasi.

Dalam hal ini, uang bukan komoditas yang diperjualbelikan namun hanya sebagai alat tukar yang tentunya dinaungi oleh Lembaga Keuangan Syariah sesuai dengan kaidah syariah. Begitupun dalam penggunaan dana yang harus jelas arahnya dan tidak menyimpang dari ajaran Islam.

Wallahu a’lam

Ikuti Artikel Lainnya di Google News

Rahmatullah R
Rahmatullah R Magister Sains Ekonomi Islam | Founder Ekispedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *